Sunday 28 July 2019

Perbedaan E-Business Dengan E-Commerce

e-business, e-commerce, e bisnis, perbedaan e-commerce, web e commerce
Dijaman teknologi seperti ini banyak sekali bidang-bidang teknologi baru yang baru mulai berkembang. salah satunya adalah teknologi bisnis dan marketing Contohnya E-Business dan E-commerce. Istilah E-Business dan E-commerce seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. walaupun demikian kedua arti tadi memiliki arti yang berbeda. Awalan "e" berarti "Elektronik", yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau konyak fisik. Transaksi diadakan secara Elektronik atau digital, sesuatu yang dibuat mungkin dengan pesatnya perkembangan dunia digital. Banyak orang tahu istilah E-Business dan E-Commerce namun masih sedikit yang mengetahui perbedaan signifikan antara E-Business dan E-Commerce.
 Berikut ini saya akan membahas mengenai Pengertian dan Perbedaan antara E-Business dan E-Commerce :

Pengertian E-Business


E-Business adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen atau client, bertukar data dalam satu perusahaan dengan menggunakan internet. Bertukar data dalam perusahaan itu Contohnya : Manager Pembelian PT A (bekerja di kantor pusat jakarta) ingin tahu penjualan barang X dari kantor cabang Surabaya. Ia mau minta dikirim datanya melalui Internet. Dengan cara ini akan lebih mudah, murah dan cepat. E-Business sendiri merupakan perluasan dari E-Commerce,dimana tidak hanya pembelian, pembayaran barang dan pelayanan tetapi juga disertai pelayanan konsumen, kolaborasi partner dengan dukungan elektronik sebagai alat transaksi. Mungkin E-Business tidak sepopuler E-Commerce namun E-Business secara disadari atau tidak, memiliki peranan yang penting bagi seluruh proses transaksi jual beli yang ada di dalam sebuah E-Commerce. Hal ini karena E-Business merupakan layanan bisnis yang memiliki cakupan wilayah yang luas. E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis konvensional, hanya saja e-Business memiliki cakupan yang berbeda yaitu E-Business mengandalkan internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.Menurut Turban, e-business atau bisnis elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan (2005:182).

Pengertian E-Commerce


E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan atau penggantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan Internet. atau bisa diartikan E-Commerce berarti Transaksi bisnis melalui Internet dimana pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan E-Commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (Transfer) maupun penyerahterimaan (handing over) kepemilikan serta hak atas produk atau jasa.

Perbedaan antara E-Business dan E-Commerce


- Perbedaan yang mendasar antara E-business dan E-Commerce adalah tujuan E-Commerce memang benar-benar Money Oriented (Berorientasi pada perolehan uang atau melibatkan uang dalam setiap transaksi) Sedangkan E-Business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, relasi antar mitra bisnis, peraturan kerja dan penangan masalah sosial lainnya.
- E-Commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan juga kemampuan dari segi penjualan dan transaksi saja.

Persamaan antara E-Business dan E-Commerce


Persamaan E-Business dan E-Commerce yaitu memiliki dan tujuan untuk memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya
Disqus Comments