Tuesday 13 November 2018

Pengertian Dan Jenis - Jenis Malware komputer

Pengertian Dan Jenis - Jenis Malware komputer
Malware atau lebih dikenal dengan Malicious Software adalah sebuah program atau aplikasi berbahaya yang dibuat dengan tujuan mengambil, mengubah dan mencuri suatu data penting dari user. contoh yang di data yang sering diambil malware yaitu nomor kartu kredit, pin atm ataupun username dan password kalian. Malware sendiri dari beberapa jenis. berikut beberapa jenis malware :

Virus
Virus adalah tipe malware yang sering kita temui. Virus  tipe malware yang menggandakan diri sendiri dengan menginfeksi file lainnya. Kebanyakan virus komuter ini menyamar dalam bentuk installer sebuah aplikasi.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan FireWall

Worm

Worm merupakan malware yang menyebar melalui jaringan komputer seperti LAN, WAN dan Internet tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.Worm dapat menginveksi berkas dalam sistem komputer dengan lebih baik (merusak) dibanding virus.

Trojan

Trojan atau (Trojan Horse) merupakan sebuah virus yang menyamar sebagai file didalam komputer yang dapat merusak sebuah system atau jaringan. Contoh cara kerja trojan yaitu Ketika anda men-download dan menjalankan program, trojan akan berjalan dibackground sehingga tanpa anda sadari komputer dapat diakses oleh pihak ketiga. Jika Trojan sudah menginfeksi komputer anda, maka banyak hal dapat dilakukan dengan komputer anda.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi WAN ( Wide Area Network )

Rookit


Rookit adalah aplikasi atau malware yang bersembunyi di dalam patch, crack dan keygen yang dapat masuk ke komputer anda dan mencuri informasi penting di dalam komputer anda. Rookit sendiri dapat menyerang dalam berbagai mode yaitu User moda, kernel mode dan boot Mode.

Spyware

Spyware merupakan jenis perangkat lunak berbahaya yang fungsinya memata-matai komputer anda tanpa anda ketahui. Spyware dapat mengumpulkan berbagai jenis data yang berbeda seperti situs-situs yang anda kunjungi, username, password, data kartu kredit dan lain-lain.
Disqus Comments