Wednesday 5 December 2018

Pengertian Software, Hardware Dan Brainware Serta Contohnya

pengertian hardware, pengertian software, pengertian brainware, contoh hardware, contoh software, fungsi hardware, fungsi software, contoh brain ware, macam macam software, sistem komputer, software komputer, definisi software, pengertian perangkat keras
Dalam dunia teknologi pasti kalian mengenal Juga istilah software, Hardware dan Brainware. Kalau kalian belum tau istilah tadi lebik baik kalian simak artikel ini sampai habis yaa. beripkut pengertian Software, Hardware dan Brainware!


Pengertian Software (Perangkat Lunak)


Software atau Perangkat Lunak adalah data yang terdapat dalam sebuah komputer yang telah diformat dan disimpan kedalam media penyimpanan  dalam bentuk digital. Fungsi Sotware sendiri yaitu sebagai pendukung dari Hardware yang terdapat pada sebuah komputer. Berikut contoh software :

  • System software merupakan software yang buat untuk menghubungkan Hardware dengan User (Pengguna). contoh : Microsoft Windows, Linux dan Machintosh.
  • Aplication Software adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan user (Pengguna).


Pengertian Hardware (Perangkat Keras)


Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen yang terdapat pada suatu perangkat komputer. Fungsi Hardware sendiri untuk mendukung fungsi pengolahan data yang di input oleh user (pengguna). Hardware sendiri terbagi dalam 3 jenis yaitu Input, Process dan Output. berikut adalah contoh dari ketiga jenis hardware tersebut :

  • Input (masukan) : perangkat ini digunakan memasukkan data ke dalam komputer. contohnya : mouse,microfon,scanner dan web cam
  • Process (pemrosesan) : perangkat yang terdapat pada sebuah komputer yang digunakan untuk mengolah data sesuai intruksi yang diberikan oleh user. contohnya CPU (Central Processing Unit)
  • Output (keluaran) : Perangkat ini berfungsi untuk mengeluarkan data hasil olahan dari Hardware. Contohnya Speaker, Monitor dan printer.


Pengertian Brainware


Brainware adalah semua orang yang terlibat dalam pemanaatan sistem komputer. atau bsa disebut juga orang yang menggunakan sebuah komputer karena jika tidak ada orang yang mengoperasikannya maka komputer tersebut tidak dapat dijalankan. Contohnya : Pengguna (Operator) Dan Progammer

Disqus Comments