Tuesday 27 November 2018

Fakta Tentang Pengertian, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

pengertian kabel fiber optik, kabel fiber optik, pengertian   fiber optik, kekurangan fiber optik, kelebihan fiber optik,   jenis kabel fiber optik, jenis fiber optik, fungsi fiber   optik, macam fiber optik, kabel jaringan, kabel optik,   kabel serat optik, jenis kabel jaringan, macam macam kabel   jaringan, harga fiber optik, jual fiber optik, beli fiber   optik, kabel listrik serabut, secara umum, fakta, sebutkan   fiber optik

Apa itu Kabel Fiber Optik ?


Kabel Fiber optik merupakan jenis kabel yang terdiri dari serat-serat optic. kabel ini mampu mentransmisi pesan modulasi ke gelombang cahaya yang bersumber dari laser atau LED. kabel fiber optic terbuat dari serat kaca atau plastik yang sangat halus dan sangat kecil dari kabel lain pada umumnya. serat kaca biasnaya memiliki diameter sekitar 120 lain hingga jarak 50km tanpa menggunakan repeater. Sinyal-sinyal gelombang dapat berupa pengkodean komunikasi data komputer atau suara.

Tekonologi iber optik banyak digunakan oleh perusahaan maupun pemerintah. Teknologi ini dipilih karena merupakan media pentransfer data paling eektif dan memiliki tingkat loss data yang rendah serta mempunyai bandwith yang sangat tinggi.

Jenis Kabel Fiber


Ada dua jenis kabel fiber optik yaitu

Single-Mode

Kabel ini memiliki inti yang berdiameter (0.00035 inch atau micron) dan berfungsi mengirim sinar laser inframerah yang memungkinkan hanya satu mode menyebarkan cahaya melalui inti pada satu waktu.

Multimode

Kabel fiber optik multimode merupakan kabel yang digunakan untuk tujuan komersial. inti lebih besar dari kabel single-mode, memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar malalui serat secara bersamaan.


Kelebihan Kabel Fiber Optik


- kabel ini dapat mentransmisikan data atau informasi dengan kecepatan yanng sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari kabel jaringan coaxial ataupun kabel Twisted pair. kecepatan transfer datanya mencapai 1000 Mbps (Mega byte per second)
- Kabel ini juga tidak akan terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio, Karena terbuat dari kaca dan plastik murni.
- Karena material dari kaca dan plastik murni kabel ini memiliki keunggulan untuk bisa bertahan pada banyak gangguan seperti kelembaban udara dan cahaya (panas).
- Ukurannya yang kecil, ringan dan fleksibel.
- bentuk yang kecil dan sangat murah.
- Kabel fiber optik tahan lama dan tidak gampangrusak serta perawatannya juga murah.


Kekurangan Kabel Fiber Optik


- Kabel fiberoptik relatif mahal dalam hal penyambungan kabel.
- Jika kabel ini rusak, perbaikan kabel ini memerlukan tenaga ahli.
Disqus Comments