Sunday 20 January 2019

Apa itu Protokol Pada Jaringan Komputer Dan Fungsinya

protokol, protocol, jaringan komputer, pengertian protokol, fungsi protokol, jenis protokol, udp, rdp, http, rtp, ftp, topologi jaringan, harga komputer, arti protokol

Pengertian Protokol


Protokol adalah sebuah aturan yang yang mengijinkan dan mengatur terjadinya hubungan komunikasi dan perpindahan data antar dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat, keras, perangkat lunak ataupun keduanya. Pada tingkatan terendah protokol mendefiniskan koneksi perangkat keras. Protokol berada disemua layer di dalam jaringan komputer dan memiliki fungsi masing-masing.

Fungsi Protokol


- Membagikan informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data. jika sampai pada penerima, paket tersebut digabungkan menjadi paket yang lengkap.
- penghubung komunikasi data sehingga proses penukaran data bisa verjalan dengan baik dan benar
- membantu proses Flow Control, Multiplexing, dan Error Control pada jaringan komputer
- mengatur jalannya data dari pengirim ke penerima
- mengatur jika terjadinya kesalah waktu data dikirimkan
- membantu memberikan alamat pada komputer


Beberapa Jenis Protokol :


1. UDP

Udp atau User Datagram Protocol merupakan protokol lapisan transpor TCP/ Ip yang mendukung komunikasi yang tidak Unriliable (Andal), tanpa ada koneksi (connection Less) antar host di dalam suatu jaringan yang menggunakan Tcp/ip.

2. Ftp

File Transfer Protocol ini sering digunakan untuk upload dan download file

3. Http

hipertext Transfer Protokol ini sering dipakai untuk transfer halaman website.

4. Rtp

Real Time Protokol, ini dirancang untuk menyediakan fungsi transport jaringan dari ujung ke ujung aplikasi yang mengirim data secara Real Time.

itulah beberapa jenis protokol mungkin ada banyak sekali yang tidak saya sebutkan :D. Terima kasih telah menyimak artikel ini :). Semoga bermanfaat.
Disqus Comments