Sunday 6 January 2019

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Domain Name Server (DNS)

pengertian domain, fungsi domain, domain internet, domain, contoh domain name server, domain name server, domain name system, dns server, domain murah, harga domain, beli domain, contoh domain, nama domain, arti domain, pengertian domain dan hosting, pengertian hosting, domain negara, domain murah
Pasti banyak dari anda yang belum ngertin tentang Domain itu? Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Domain.


Menurut Wikipedia

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Menurut Saya

Domain atau DNS (Domain Name Server) adalah nama unik yang diberikan untuk mengeditifikasikan kompoter, server atau email server ataupun yang lainnya. Domain berfungsi untuk mempermudahkan pengguna di internet saat melakukan akses ke server, Selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Pada Suatu Host pada jaringan TCP/Ip harus memiliki alamat IP agar dapat diakses. Alamat Ip yang digunakan sekarang adalah IP versi 4 dibentuk dalam format angka long integer 32-bit yang dikelompokkan menjadi empat kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 8 bit. Bila suatu jaringan ip/ tcp memiliki banyak host, maka bagi manusia seperti kita tidak mudah mengingat angka-angka. maka alamat ip tersebut di jadikan sebuah nama yang bisa di ingat manusia secara mudah dengan menggunakan DNS. misalnya Website www.google.com memiliki ip 222.323.432.11 jika kita mengingat angka itu apa kah mudah di ingat , jawabannya pas "tidak" makanya kita menggunakan DNs untuk mengingat itu.


Fungsi Domain

- Untuk mempermudah pengguna diinternet saat melakukan akses ke server
- Menerjemahkan Host nama (Nama Host) menjadi IP Address atau sebaliknya sehingga nama-nama tersebut bisa diingat oleh pengguna di internet.
_ membertikan suatu informasi ke host ke seluruh jaringan diinternet.
- Penguna tidak perlu mengingat Ip Adrress cukup hostname/DNSnya saja yang diingat

Contoh nama Domain atau DNS pada jaringan komputer :

biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.
.com : Digunakan untuk keperluan komensial.
.edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.
.info : Digunakan untuk keperluan informasi.
.net : Digunakan untuk keperluan internet.
.org : Digunakan untuk keperluan organisasi.
.gov : Digunakan untuk pemerintahan.
.int : Digunakan untuk internasioal.
.jobs : Digunakan untuk pekerjaan.
.mil : Digunakan untuk militer.
.mobi : Digunakan untuk keperluan mobile communication.
.tv :  digunakan untuk website entertainment
Disqus Comments