Sunday 17 February 2019

Pengertian, Contoh Dan Manfaat Bioteknologi Konvensional dan Modern

bioteknologi, pengertian bioteknologi, macam bioteknologi, jenis bioteknologi, bioteknologi menurut para ahli, bioteknologi modern, makalah bioteknologi, makalah bioteknologi, contoh bioteknologi, bioteknologi pertanian, pangan, artikel, manfaat, definisi bioteknologi
Perkembangan lmuan pengetahuan yang begitu pesat, begitupun dengan bioteknologi. Menurut kalian apa sih Bioteknologi itu? Anda pasti mencari-cari pengertian Bioteknologi ini. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian bioteknologi serta jenis dan contoh-contoh penerapan, mulai dari penerapan, mulai dari penerapan bioteknologi konvensional (Tradisional), modern, pertanian, bioteknologi pangan maupun di bidang peternakan. Berikut artikelnya :) Silakan disimak!

Pengertian Bioteknologi


Apa sih Bioteknologi itu? Bioteknologi berasal dari 2 kata yaitu Bio (yang berarti hidup) dan Teknologi (yang berarti ilmu terapan). Pengertian Bioteknologi juga dapat diartikan merupakan cabang ilmu yang mempelajari, menggunakan dan memanfaatkan makhluk hidup (seperti fungsi, virus, bakteri dan lain-lain) sebagai komponen utama dalam pembuatan produk baik dalam bentuk barang maupun yang berguna bagi kehidupan manusia. Namun dimasa modern saat ini perkembangan ilmu bioteknologi sudah merambah kebidang ilmu terapan serta ilmu murni kimia, biologi mokular, komputer dan lain-lain.

Sebagai dari keberhasilan Bioteknologi yang menarik perhatian masyarakat modern pada saat ini adalah Rekayasa Genetika. Rekayasa genetika merupakan bagian dari Bioteknologi modern yang ditemukan Watson dan Crik tahun 1953 utas ganda DNA. Adapun contoh penerapan Bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari contohnya tape, keju, yogurt, kecap tempe dan oncom. Terlepas dari penerapan tersebut, Ternyata masih banyak penerapan bioteknologi yang mungkin belum kalian ketahui. Contoh-contoh penerapan bioteknologi tersebut menjadi 2 macam, yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

Pengertian Dan Contoh Bioteknologi Konvensional (Tradisional) dan Modern

Bioteknologi Konvensional (Tradisional) adalah Bioteknologi yang penerapannya dengan memanfaatkan makhluk hidup atau mikroorganisme secara langsung untuk mengubah kandungan gizi dari suatu produk. Adapun Contoh penerapan Bioteknologi konvensional yaitu anggur,oncom, kecap, tape, tauco, mentega, yoghurt dan keju.

Manfaat dari Bioteknologi konvensional

    1. Meningkatkan nilai gizi dari suatu produk seperti makanan ataupun minuman
    2. Menciptakan sumber makanan baru contohnya air kelapa dapat diciptakan makanan baru seperti Nata de Coco
    3. Dapat membuat makanan yang tahan lama, misalnya asinan

Bioteknologi Modern adalah Bioteknologi yang menggunakan organisme hasil teknik rekayasa genetikamelalui perlakuan yang mengubah landasan penentu kemampuan hidup, dengan mengubah tatanan gen yang menentukan sifat spesifik suatu organisme, sehingga dalam proses pengubahan dapat berlangsung efektif dan efisien. Penerapan Bioteknologi ini sudah menggunakan alat dan cara kerja yang canggih, sehingga dilakukan dalam keadaan bersih dan steril, kualitas dan kuantitas produk lebih baik. Contoh dari Bioteknologi modern yaitu Bibit tanaman yang seragam, antibodi monoklonal, bayi tabung, hormon insulin, domba dolly, tanaman kebal hama, tanaman yang mampu memfiksasi nitrogen, hewan transgenik, vaksin malaria, interveron, hormor pertumbuhan manusia, terapi genetik dan pelestarian species langka.

Pengertian Bioteknologi menurut para ahli

- Pengertian Bioteknologi menurut OECD (Organization for Economic Cooperation and Development), Bioteknologi adalah suatu penerapan prinsip ilmiah dan rekayasa pengolahan bahan oleh agen biologi untuk menyediakan barang dan jasa.

- Perhimpunan Kimia Murni dan Terapan: Menurutnya, pengertian bioteknologi adalah penerapan bikimia, biologi, mikrobiologi dan rekayasa kimia dalam proses industri, pembuatan produk baik itu pelayanan kesehatan, energi dan pertanian serta pada lingkungan.

Demikianlah tentang Pengertian Bioteknologi :) Semoga artikel saya diatas bermanfaat bagi kalian semua.
Disqus Comments