Sunday 18 August 2019

Perbedaan Serta Perbandingan Processor Intel Dan AMD

kekurangan intel, kelebihan amd, kelebihan intel, kelemahan intel, pengertian intel, kelebihan amd dan intel, perbedaan intel dan amd
Apakah anda ingin merakit Komputer ? Tapi bingung Mau Pilih Processor Amd atau Intel. Dua Processor ini adalah yang menguasai pasar dunia dan semuanya berasal dari Amerika. Tapi bukan berarti AMD jauh lebih baik dengan Intel begitupun sebaliknya. Masing-Masing Processor tadi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika anda mempunyai uang yang lebih saya sarankan Untuk memilih Intel Tapi Kalau anda mempunyai uang yang pas-pasan saya Sarankan Pilih AMD.

Apa itu Processor ?

Mungkin ada beberapa dari anda tidak tahu apa itu processor :D. Processor atau Prosesor jika dalam bahasa indonesia atau lebih dikenal dengan Central Processor Unit (CPU) atau Otak Komputer. Banyak sekali kan sebutannya :D. Processor merupakan sebuah komponen yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem pada komputer. Fungsi Processor untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada Socket yang berada pada Motherboard.

Sejarah Singkat AMD (Advanced Micro Devices)

AMD berdiri pada tanggal 1 Mei 1969. AMD didirikan oleh Jerry Sanders dan Tujuh kawannya.Pada mulanya AMD meniru teknologi yang dimiliki Intel dan atas Izin pihak Intel Tentunya. Namun dikarenakan Suatu hal maka terjadilah persengketaan yang cukup sengit antara AMD dan Intel. Dan Pengadilan mengharuskan AMD mengembangkan sendiri produk processor yang dibuatnya. Sejak saat itulah AMD berusaha mati-matian untuk membuat Processornya sendiri agar tidak dituduh menjiplak processor Intel. Dan Akhirnya AMD pun berhasil mengembangkan Processor yang mampu mengungguli Intel. Dalam bidang Pemasaran AMD kalah jauh dibanding Intel, tetapi tidak pada Teknologinya.

Sejarah Singkat Intel


Intel Corporation didirikan pada tahun 1968 Oleh Robert Noyce dan Gordon Moorte mereka mengawali kegiatan produksi sebagai Perusahaan yang bergerak di industri Pengembang  Semi-konduktor. Lalu mulai mendapat ide menciptakan processor semenjak dipercaya oleh perusahaan lain yang meminta mereka untuk merancang otak pada sebuah kalkulator. Intel sendiri merupakan Perusahaan Multinasional di daerah Amerika Serikat dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi Mikroprosessornya dan mengkhususkan dalam pembuatan Sirkuit.

Kelebihan AMD

- Harga lebih murah daripada Intel
- Teknologi AMD64 sangat baik dalam menjalankan aplikasi berbasis 64 bit
- Grafis AMD lebih kuat dari pada Intel
- AMD memiliki teknologi yang memungkinkan processor bisa mendeteksi virus dan jika terdeksi virus tersebut tidak akan diproses. Teknologi ini dinamakan Enhanced Virus Protection
- Processor A<D tidak memfokuskan pada kecepatan tinggi sehingga Processor AMD dapat bekerja secara Efisien.
- Kecepatan Transfer data Luar biasa karena menggunakan Tkenologi Penggandaan Bus.
- Amd bisa mengakses memori secara langsung tanpa melewati Chipset Nortbridge.
- transistor pada prosessor Intel 100 milyar sedangkan AMD jauh lebih banyak yaitu 105 milyar

Kekurangan AMD

- Tidak Semua Game kompatibel dengan Proccessor AMD
- AMD kalah dalah hal Pangsa Pasar, karena AMD kurang promosi
- Proccessor AMD lebih cepat panas namun hal ini sudah diatasi dengan adanya teknologi ICe Cooler.

Kelebihan Intel

- Stabil jika dipakai multi tasking dam aplikasi berat
- Performance paling baik
- Intel Hemat Daya
- Intel Menang Dalam Hal Pemasarannya
- Processor Intel Lebih kuat dibanding AMD
- Intel lebih hemat daya dari AMD

Kekurangan Intel

- Harga Proccesor intel Lebih mahal dari AMD
- Varian tertinggi (Extreme Edition) Mahalnya Masyaallah -_-



Semoga tutorial Perbedaan Antara Prosessor AMD dengan Intel  ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda semua. Terima kasih :)
Disqus Comments