Tuesday 6 November 2018

Pengertian, Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jaringan Wireless LAN

Pengertian Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jaringan Wireless LAN
Dimana teknologi Wireless sudah berkembang sangat pesat. Pemanfaatan Wireless LAN telah banyak digunakan baik untuk aplikasi internal perusahaan atau untuk publik. Jaringan Wireless dibuat untuk tujuan mempermudah manusia. Mungkin anda belum tahu Apa itu Wireless LAN serta Kelebihan dan kekurangannya Berikut ulasannya :

Baca Juga : Top CMS Toko Online Terpopuler Dan Gratis

Pengertian Wireless LAN


Wireless LAN atau WLAN merupakan sebuah sistem komunikasiyang fleksibel yang dapat di aplikasikan sebagai ekstensi ataupun Sebagai alternatif pengganti untuk jaringan LAN kabel. WLAN menggunakan teknologi frekuensi radio, mengirim dan menerima data melalui udara dengan meminimalisir kebutuhan akan sambungan kabel.

Kelebihan Wireless LAN


- Fleksibel

Dengan teknologi WLAN sangat memungkinkan membangun jaringan pada area yang sulit dijangkau oleh kabel ataupun fiber Optik. Secara teoritis pancaran 100 MW sudah dapat menjangkau area berbentuk lingkaran 1-2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.

- Produktifitas

Dengan menggunakan WLAn kita mudah sekali diimplementasikan hampir di semua lokasi dan kapan saja sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktifitas.

- Instalasi

Instalasi WLan karena tidak perlu lagi mengulur kabel, membuat tembok atau memanjat bangunan

- Scalable

WLAN dapat digunakan dengan berbagai topologi jaringan. mulai dari jaringan independen atau hanya terdiri beberapa Client.

- Biaya Murah

Untuk biaya awal memasang memang lebh mahal dari memasang LAN konvensional, namun biaya instalasi dan perawatan jaringan WLAN lebih murah.

- Wifi merupakan pilihan jaringan yang sangat ekonomis karena harga ship WIFI yang terus turun

- Produk Wifi tersedia luas di pasaran

- Penggunaan Listrik Kecil

Karena sedikit perangkat yang digunakan dan cenderung lebih kecil ukurannya. Satu Perangkat Wifi Acces Point rata-rata hanya membutuhkan degangan DC 9V dan 0.85 A

- Banyak Perangkat Support Wifi

Sudah banyak sekali Perangkat mulai dari tablet, smartphone, laptop dan notebook bisa menikmati jaringan ini.

 Baca Juga : Tips Memilih Sertifikat SSL Untuk Website

Kekurangan WLAN


- WLAN mempunyai sistem keamanan yang terbatas hanya sampai layer ke 2. Untuk lebih mengamankannya diperlukan teknik pengamanan tambahan.

- WLan dipengaruhi oleh faktor topologi, daerah ruangan, Gelombang radio dan juga cuaca sangat berpengaruh terhadap kekuatan sinyal, karena transmisi WLAN menggunakan adalah medium radio.

- Untuk mengunakan wifi kita harus berada ditempat yang dijangkau wifi.
- Jangkauan wifi masih kecil, sinyal tidak bisa menembus tembok
- Pertukaran data gampang disadap
- Enskripsi standar wireless yaitu Wired Equivalent Privacy (WEB) telah menunjukkan fakta bahwa ia dapat dihancurkan atau dikacaukan sinyalnya meskipun telah dikonfirmasi secara benar.

Disqus Comments