Monday 5 November 2018

Jenis - Jenis Sertifikat SSL Untuk Website

Tips Memilih Sertifikat SSL Untuk Website
Keamanan suatu website merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengguna website. Salah satunya adalah SSL. Mungkin anda bertanya-tanya apasih manfaat SSL bagi website anda ? SSL akan memberikan keamanan tambahan bagi pengguna. Jika pengguna yang mengakses website anda menggunakan internet seperti Wifi atau Jaringan Internet yang tidak di enkripsi terlebih dahulu, akun penggunamungkin akan di bajak. Yang perlu anda ketahui pertama kali sebelum membeli SSL adalah perbedaannya. Secara Umum ada 4 macam SSL diantaranya :


1. Organization or Company Validated SSL (OV)


Sertifikat jenis ini umumnya digunakan untuk memverifikasi Organisasa atau Usaha yang berada dibalik nama domain yang diajukan sertifikatnya. Agar Proses OV (Organization Validation berjalan lancar, Anda harus mempersiapkan segala jenis dokumen legalitas Organisasi atau Usaha anda sesuai hukum negara anda berada. Anda juga harus mempunya telepon Organisasi dan Rekening bank atas nama Usaha anda. Mungkin membuat SSL ini agak sulit, karena untuk meminimalisir penipuan dari perusahaan Ilegal.

Sertifikat SSL jenis ini antara lain :

Comodo: Comodo InstantSSL, Comodo InstantSSL Pro, Comodo PremiumSSL, Comodo PremiumSSL Wildcard

GeoTrust: GeoTrust TrueBusinessID, GeoTrust TrueBusinessID Wildcard

2. Domain Validated (DV) SSL Certificate


Domain Validated SSL Certificate merupakan SSL untuk memvalidasi kepemilikan domain, SSL ini sangat populer dikalangan Blogger Indonesia.SSL ini umumnya melakukan validasi hanya untuk email. Alamat email yang digunakan untuk validitasi harus sama dengan data-data domain yang tampil pada WHOIS. Domain Validated Certificate terkadang disediakan gratis oleh beberapa Website Hosting, Ada juga yang membebankan biaya untuk membuat SSL ini. SSL ini cocok untuk siapa saja yang ingi websitenya terlihat lebih Profesional.

Sertifikat jenis ini antara lain :

Comodo: Comodo PositiveSSL, Comodo PositiveSSL Wildcard, Comodo EssentialSSL, Comodo EssentialSSL Wildcard

GeoTrust: GeoTrust RapidSSL, GeoTrust RapidSSL, GeoTrust QuickSSL Premium

Baca Juga : Top CMS Toko Online Terpopuler Dan Gratis

3. Extended Validation (EV) SSL Certivicate


SSL Extended Validation merupakan standart validitasi tingkat keamanan yang tinggi untuk suatu perusahaan. Sertifikat ini menyediakan koneksi yang aman dan membantu mencegah penipuan karena untuk mendapatkan SSL ini sangat Sulit sekali. Ciri situs yang menerapkan EV SSL Certificate ini adalah terdapat logo Greed BAr yang disertai nama perusahaan di dalamanya. Menggunakan SSL jenis ini Menunjukkan tingkat keamanan dan kepercayaan yang tinggi di suatu perusahaan.

Sertifikat SSL jenis ini antara lain seperti:

Comodo: Comodo EV SSL, Comodo EV SGC SSL

VeriSign: VeriSign SecureSite with EV, VeriSign SecureSite Pro with EV

Baca Juga : Pengertian, Keuntungan Dan Kekurangan Menggunakan Jaringan Wireless LAN

4. Multi Domain SSL Certificate



SSL ini mencakup semua jenis sertifikat, masing-masing memiliki paket multi domain tersendiri. Multi domain artinya 1 sertifikat bisa digunakan banyak domain. Secara default anda boleh menggunakan pada domain jika anda ingi menambahnya maka anda harus menambah biaya.

Sertifikat SSL jenis ini antara lain seperti:

GeoTrust: GeoTrust TrueBusinessID Multi-Domain, GeoTrust TrueBusinessID with EV Multi-Domain

VeriSign: VeriSign SecureSite, VeriSign SecureSite Pro, VeriSign SecureSite with EV, VeriSign SecureSite Pro with EV


Demikian mengenai Jenis-Jenis SSL Secure Socket Layer semoga artikel ini membantu anda :)
Disqus Comments