Monday 26 September 2016

Pengertian Dan Fungsi Dari Mac Address

Pengertian Dan Fungsi Dari Mac Address
Apakah anda pernah mendengar Mac Address, pasti sudah tahu dong Apa itu Mac Address dan fungsi Mac Address ?

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Mac Addres dan fungsinya, yap langsung saja :

Pengertian Mac Address

Mac Address singkatan dari Media Access Control Address atau juga disebut Ethernet Address, physical address atau hardware address, merupakan sebuah kode unik yang diberikan untuk setiap bagian hardware yang terhubung ke jaringan internet misalnya NIC Card, Router dan perangkat lainnya. Dalam jaringan Mac Address merupakan sebuah alamat yang di implementasikan pada lapisan data link dalam 7 lapisan model OSI yang merepresantisakan sebuah node tertentu. Dalam jaringan Mac Addess merupakan alamat unik yang memiliki panjang 48 bit yang digunakan untuk mengindetifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router ataupun node lainnya.

Baca Juga : Pengertian , Fungsi dan Tipe URL





Mac Address dibuat dan diberikan langsung pada pengguna komputer oleh pabrik pembuat NIC (Network Interface Card) yang disimpan secara permanen pada ROM (Read Only Memory) pada perangkat atau hardware tersebut.

Fungsi MAC Address

fungsi utama mac Address yaitu untuk memudahkan router dan perangkat jaringan lainnya untuk secara unik mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan dalam beberapa cara. Cara ini digunakan di kebanyakan bentuk jaringan komputer dan telah berkembang untuk menunjukkan bahwa Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE) telah di adobsi sebagai standart industri.

Baca Juga : Pengertian,  Perbedaan Http Dan  Https




Disqus Comments