Sunday 25 September 2016

Pengertian, Perbedaan Http Dan Https

Pengertian,  Perbedaan Http Dan Https

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Http dan Https. Setiap link pada website selalu diikuti dengan kata Http dan Https. Hal ini tentunya menimbulkan berbagai pertanyaan diantara pengguna internet.

Apa itu Http dan Https ?

HTTP merupakan kependekan dari Hypertext Transfer Protocol yaitu suatu protocol yang dipakai oleh www ( word wide web ) dimana Http itu sendiri memberikan definisi terhadap bagaimana pesan yang disampaikan dan diformat dari server menuju client. Http juga merupakan sebuah format standart yang biasanya digunakan para pembuat situs agar komputer client dapat mengakses halaman situs.yang dimaksud client disini anda Browser yang anda seperti Internet explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome yang anda pakai saat mengakses sebuah situs.

Https kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure juga merupakan suatu protokol yang dipakai oleh www dimana https itu sendiri akan memberikan definis terhadap bagaimana pesan dapat disampaikan dari server menuju client dengan sangat aman.

Baca Juga : Pengertian , Fungsi dan Tipe URL

Apa perbedaan Http dan Https
Perbedaan antaran Http dan Https memiliki fungsi sama namun keamanannya. ketika kita hendak browsing di internet tentu Https lah yang lebih aman di banding http. perbedaan utama antara http dan https, dimulai dari port default, untuk http port defaultnya 80 untuk https port defaultnya 443. https bekerja dengan tranmisi interaksi yang normal htt melalui sistem terenkripsi. ada dua tipe umum lapisan enkripsi Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL)

Kesimpulan

Http dan Https memiliki peranan yang sama dalam mendefinisikan bagaimana suatu pesan dan dikirimkan dari server ke client, hanya saja https memiliki kelebihan fungsi dalam sistem kemanan dengan mengenkripsi informasi dari server ke client menggunakan SSL dan TLS, sehingga menggungkan https memiliki keamanan yang lebih dibanding http


Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Dari Mac Address












Disqus Comments