Saturday 8 October 2016

Pengertian Dan Cara Kerja SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol)

Pengertian Dan Cara Kerja SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol)
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol yang bekerja dalam hal pengirimkan pesan-pesan elektronik pada sebuah jaringan internet. Protokol ini digunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim terus menuju ke server terus data ini dikirim lagi ke penerima. Protokol ini timbul karena surat elektronik pada jaman itu mengharuskan adanya server surat penerima yang menampung sementara (server) sampai surat tersebut diterima oleh penerima. Atau SMTP bisa dikatan sebuah protocol yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan menggunakan sebuah cara yang teknis simple dan mudah. SMTP pertama kali didefiniskan oleh RFC821(1982 atau STD10) dan terakhir diperbarui oleh RFC5321 (2008), dimana terdapat ESMTP (Extend SMTP).

Akan tetapi SMTP hanyalah digunakan untuk membantu user mengirimkan surat elektronik kepada penerima. maka dengan menggunakan protool ini anda sebagai user akan dapat mengirimkan pesan ke pada penerima. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet.

Cara kerja

Cara kerja SMTP mirip sekali yang dilakukan FTP. SMTP bertugas untuk menangani penampungan semetara surat elektronik, kemudian dikirimkan ke alamat email penerima. SMTP bekerja berdasarkan pengiriman End to End, dimana pengiim akan menghubungi penerima untuk segera mengirimkan email. setiap pesan yang dikirimkan melalui SMTP harus memiliki Header atau Amplop, yang dijabarkan RFC 822 dan harus mempunyai isi (yang berisi dari surat yang akan dikirimkan)
Disqus Comments