Thursday 6 October 2016

Pengertian, Fungsi, Jenis RAM (Random Acces Memory)

Pengertian, Fungsi, Jenis RAM (Random Acces Memory)
Pengertian Ram

RAM atau Random Acces Memory merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi menyimpan program dan data sementara saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau Random. Data sementara maksudnya DAta yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau tidak ada aliran listrik.
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.


Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Media Sosial

Fungsi RAM

- sebagai media penyimpanan sementara yang digunakan saat komputer menyala
- mempercepat kinerja komputer, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana mempercepat kinerja komputer ? Karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi komputer untuk menyimpan data-data yang mudah diambil karena mempercepat proses loading data.

Jenis-Jenis RAM

1. EDO RAM

EDO atau Extended Data Out Random Access Memory. Merupakan jenis RAM yang digunakan pada komputer pentium 100 dengan kecepatan clock 50 MHZ. Jumblah dari pun Edo RAM adalag 72 pin / kaki

2. DRAM

DRAM atau Dynamic Random Acces Memory adalah jenis ram yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapisor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung didalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agart tidak hilang. hal ini membuat ram ini sangat dinamis dibanding memory lainnya.

3. SDRAM

SDRAM atau Sycrhronous Dynamic RAM merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah di sinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM ini cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan 100 MHz.

4. RDRAM

RDRAM atau Rambus Dynamic RAM merupajan jenis ram yang lebih cepat dan mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan pentium 4.

5. DDR RAM

DDR RAM atau Double Data Rate Random Acces Memory jenis ram ini merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM. Jumblah pin DDR RAM adalah 185 pin, namun begitu banyak pula yang menyebutkan bahawa DDR ini memiliki beberapa variasi yang terkadang membingungkan user. DDR ini dibedakan berdasarkan pinnya yakni : 100 pin, 172 pin, 184 pin, dan 200 pin

6. DDR2 RAM

DDR2 RAM adalah singkatan dari Doubel Data Rate generation 2 Random Access Memory. Biasa disebut sebagai DDR2 saja.Jumlah pin DDR2 yang paling lazim dijumpai adalah 240 pin. Meskipun begitu ada pula yang memiliki 200 dan 244 pin. DDR2 mulai digunakan pada generasi pentium D, Dual Core dan Core 2 Duo.
Keunggulan dari DDR2 bukanlah terletak pada kecepatannya, Sebuah sumber mengatakan bahwa kita bisa menjalankan DDR2 dengan kecepatan yang lebih rendah namun dengan performa yang lebih baik dibandingkan DDR sehingga konsumsi daya lebih hemat dan tidak cepat panas.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi ISP (Internet Service Provider)

7. DDR3 RAM

DDR3 RAM adalah singkatan dari Doubel Data Rate generation 3 Random Access Memory. Biasa disebut sebagai DDR3 saja. Jenis RAM ini merupakan kelanjutan DDR2. Kecepatan clock DD3 adalah 2 kali dari DDR2. DDR3 banyak digunakan pada generasi pentium Core 2 Quad dan Core i7.

Disqus Comments