Saturday 1 October 2016

Pengertian VPN Dan Fungsinya


Pengertian VPN Dan Fungsinya
Apa itu VPN (Virtual Private Network)

Vpn adalah singkatan dari Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antar satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan internet. Vpn juga bisa diartikan sebagai private network yang artinya jaringan yang menggunakan internet sebagai media perantara. Disebut Private karena Vpn sifatnya hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkan melalui jaringan internet.

Baca Juga : Pengertian Internet Lengkap

Fungsi Vpn

1. Kerahasian ( Confidentially)

Vpn mempunya metode enkripsi untuk mengacak data lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu keamanan data akan cukup terjamin kerahasiaannya.

2. Autentikasi sumber (Origin Authentication)

Pvn mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan diterima. PVn dapat memeriksa data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya. lalu alamt dari sumber tersebut akan disetujui jika proses Autentifikasi berhasil.

3. Keutuhan data (Data Integrity)

Vpn mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan data dan informasi yang dikirim dari alamat sumber sehingga data dapat dirima dengan baik pada alamat yang dituju.

Manfaat

- Remote Acces, dimana anda dapat menggunakan VPN untuk mengakses dari jarak yang jauh asalkan terhubung dengan internet
- Keamanan data dan informasi yang dikirim dari Vpn akan lebih aman
- Biaya setup jaringan VPN lebih murah.

Kelebihan Vpn

- dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang di organisasi tersebut.
- Fitur kemanannya dapat disesuaikan
- Efektif dan Efesien , Waktu yang dibutuhhkan untuk menghubungkan jaringan kantor-kantor cabang ke jaringan kantor pusat akan lebih cepat.

Baca Juga : Pengertian Printer InkJet, Laser Dan Dot Matrix

Kekurangan Vpn

- Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.

Disqus Comments