Monday 3 October 2016

Pengertian Printer InkJet, Laser Dan Dot Matrix

Pengertian Printer InkJet, Laser Dan Dot Matrix
Pembahasaan saya kali ini adalah printer :D. Kalian pasti tahu printerkan ? Yap,Betul sekali Printer adalah salah satu alat Output yang digunakan untuk mencetak Suatu data, dimana data tersebut dapat berupa teks maupun gambar dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Saat ini terdapat banyak sekali merek-merk printer contohnya Canon, Epson, HP, Lexmark dan sebagainya. Saat ini printer sering digunakan di sekolah, warnet, di kantoran dan tempat-tempat lainnya. Printer sendiri Dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Inkjet, Laserjet, Dan Dot matrix. Tapi yang sering digunakan Adalah Printer Inkjet dan Laserjet. dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian printer tersebut :


Printer Inkjet

Printer Inkjet adalah printer yang menggunakan tinta dalam mencetak dengan kualitas cetakan tergantung dari merk dan tipe printer yang dipakai untuk mencetak. Printer Inkjet menggunakan tinta Dye yang merupakan jenis tinta yang mampu menghasilkan warna cetakan yang baik namun cepat pudar. Printer Inkjet juga bisa menggunakan Tinta Pigment meskipun tinta ini mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, dan memudar apabila terkena sinar matahari , sayang hasil cetakan warnanya tidak sebagus tinta Dye. Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan masyarakat karena printer ini tergolong murah. Untuk jenis printer yang seperti ini yang paling populer adalah Jenis All In One, Printer All In One mempunya fungsi ganda, yaitu scanner dan fax dalam satu alat printer. Cara kerja dari Printer Inkjet yaitu tinta printer digoreskan mengikuti pola sesuai dengan taburan elektron untuk mengikuti kertas yang dicetak. Printer jenis pertama ini memang menggunakan cara kerja trasional namun hasilnya sangat pass.



Baca Juga : Pengertian Internet Lengkap

Printer Laser

Printer laser jet yaitu printer yang menggunakan metode pentetakannnya tinta bubuk atau Refil. Printer ini sama dengan mesin foto copy sehingga hasil cetakannnya cepat dan cepat kering. PRinter Laser mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan karena printer ini mempunyai kecepatan yang lebih baik jika dibanting printer InkJet atau Dot matrix. Printer ini kurang diminati oleh masyarakat indonesia karena harga printer ini terlalu mahal untuk digunakan umum.

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix adalah printer yang cara kerja mencetaknya menggunakan pita ribon dan hasil cetakannya pun banyak titik yang saling berhubungan. Printer ini memiliki resolusi cetak yang sangat rendah, karena printer ini memiliki jarum sekitar 9-24 pin. jarum inilah yang akan memukul pita sehingga membentuk karakter pada kertas. printer ini hanya cocok untuk mencetak tulisan saja karena hanya memiliki satu warna yaitu hitam saja. harga printer ini cukup murah dibanding printer Laser dan Inkjet.



Baca Juga : Pengertian VPN Dan Fungsinya
Disqus Comments