Sunday 2 October 2016

Pengertian Internet Lengkap

Pengertian Internet Lengkap
Image : freepik.com
Pengertian Internet

Internet berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari inter dan Net singkatan Interconnection-Networking dengan arti sistem otomatis dari komputer yang saling berhubungan melalui jaringan dengan menggunakan alat standart.

Pengertian Internet adalah jaringan komunikasi global yang terdiri yang menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai jenis komputer serta topologi jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standart protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hunumgam bekerja dengan baik sendangkan ip bertugas untuk mentransmisikan paket data satu persatu dari komputer ke kompoter lainnya.

Baca Juga : Pengertian VPN Dan Fungsinya

Sejarah Internet

Sejarah internet merupakan suatu jaringan komputer yang sebelumnya dibentuk Oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, Departemen ini membentuk Proyek yang disebut ARPANET. ARPANET Kepanjangan dari Advance Research Project Agency Network yang mendomenstrasikan cara suatu hardware dan software komputer memiliki basos Unix dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh dengan saluran telepon. Proyek ini melakukan riset tentang cara menghubungkan satu komputer dengan yang lainnya agar bisa saling berkomunikasi. Pada tahun 1970, Proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Pengesehan dan publikasi Internet mulai dikenal sejak dibangunnya sebuah jaringan untuk pertama kali pada tahun 1972. Jaringan ini menghubungkan 4 tempat yaitu UCLA, UCSB, Ultah dan SRI International. Jaringan ini juga berhasil menghubungkan lebih dari 20 Host. Dari sinilah terbentuk sebuah alat yang berfungsi sevagai media penyambung antara komputer satu dengan komputer lainnya yang disebut Backbone.

Baca Juga : Pengertian Printer InkJet, Laser Dan Dot Matrix


Manfaat Internet

- Media komunikasi, dimana pengguna internet di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi
- media bertukar data dan informasi dengan menggunakan email, sosial media dan sebagainya
- Media untuk mencari data informasi. Ada jutaan data bahkan milyaran data diinternet menjadikan internet perpustakaan terbesar didunia
- media pendidikan jarak jauh, kita bisa belajar tanpa harus datang kesekolah kita bisa mengaksesnya dirumah ataupun ditempat lain.
- Mudahnya belanja online, Sekarang belanja online tidak lagi kita harus keluar rumah untuk membeli barang yang dibutuhkan
Disqus Comments