Wednesday 21 September 2016

Mengenal Prinsip Kerja Teknologi Printer 3D Canggih

Mengenal Prinsip Kerja Teknologi Printer 3D Canggih
Saat dahulu kita mencetak  dalam hasil printing hasilnya adalah 2D. namun Dijaman sekarang bukan hal aneh jika kita mencetak hasilnya 3D. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang teknologi printer3D. Mungkin anda bertanya-tanya apa sih printer 3D itu ? Printer 3D adalah proses pembuatan benda padat 3D dari sebuah Desain digital menjadi bentuk 3D yang tidak hanya bisa dilihat tapi juga dipegang. Cara kerja dari printer 3D sebenarnya hamper sama dengan printer 2D yaitu inject bergerak maju dan mundur mengeluarkan cairan, perbedaannya hanyalah printer  2D bekerja secara horizontal sedangkan printer 3D vertical.
  
Sejarah  Printer 3D

Teknologi printer sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 1980an namun belum banyak di kenal hingga tahun 2010an ketika mesin printer 3D ini dikenalkan kepada masyarakat. Dalam sejarh yang tercatat printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi printing 3D berkembang secara luas.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Teknologi Bluetooth Beacon

Cara kerja Printer 3D

Printer 3D ini bekerja dengan cara  mengambil file dari komputer yang berbentuk 3D dan membuat serangkaian potongan-potongan pada model 3D yang akan dicetak. Setiap potongan tersebut dicetak dalam lapisan demi lapisan sehingga membentuk model  3D anda. Sejak tahun 2003 penjualan rinter 3d semakin pesat hingga saat ini. Teknologi Printer 3D telah banyak di gunakan di industry otomotif, arsitektur dan kontruksi.

Diharapkan hadirnya teknologi printer 3D ini Negara Indonesia akan semakin maju sehingga mampu untuk memproduksi bahan baku dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Kesimpulan dari saya : Printer 3D adalah salah satu teknologi terbaru dari industri percetakan, dimana teknologi printer 3D ini akan menjadi salah satu tren di industry teknologi masa depan.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat Jaringan Komputer

Disqus Comments