Friday 23 September 2016

Pengertian, Manfaat, Jenis,Dan Fungsi Flowchart

Pengertian, Manfaat, Jenis,Dan  Fungsi Flowchart
Siapa yang tidak mengetahui Flow chart? Bagi sebagian orang mungkin kata tersebut asing bagi telinga kalian. Tapi tidak bagi orang yang hidup didunia IT, Semua orang IT pasti tahu apa itu Flowchart.
Flowchart adalah salah satu pengetahuan dasar yang wajib dikuasi oleh programer. Flowchart sangat penting karena untuk menyusun program yang anda buat nantinya.

Pengertian Flowchart

Flowchart yaitu sebuah digram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak beserta urutannya dengan menghubungkan masing-masing langkah menggunakan tanda panah.
Flowchar dikembangkan oleh Herman Goldstine dan John Von Neumann pada tahun 1940. sebagai representasi grafis dari keputusan dahasil dipetakan dalam bentuk individu. Pengertian Flowchart dapat disimpulkan sebagai sebuah metodologi yang digunakan untuk menganalisis, meningkatkan, dokumen dan mengelola proses atau program.

Baca Juga : Inilah Daftar Virus Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Manfaat Flowchart

- Untuk dokumentasi prosedur kerja dalam ISO
- pedoman untuk menjalan operasional
- peta kerja untuk mencegah terjadi kehilangan arah
- untuk mempermudah membuat program

Fungsi Flowchart

- Flowchart digunakan untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana dan terurai rapi.
- Flowchart dapat memberikan gambaran efektif, jelas dan ringkas tentang prosedur logic
- dengan pengungkapan yang jelas dalam model Flowchart, maka para progamer dapat membaca dengan mudah melihat permasalahan.
- karena simbol-simbol yang digunakan mengikuti suatu standart tertentu yang diakui secara umum maka flowchart dapat merupakan alat bantu yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan logika suatu permasalahan.
- Menyederhanakan rangkain proses untuk memudahkan pengguna terhadap informasi tersebut.

Jenis Flowchart

- Flowchart System

Flowchart system menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. bagan ini menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.

- Flowchart Program

Flowchart program menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program, terdiri dari dua macam, yakni bagan alir logika program dan bagan alir program komputer terinci.

- Flowchart Document

Flowchart Document merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

- Flowchart Skematik

Flowchart Skematik merupakan flowchart yang menggambarkan prosedur dengan menggunakan gambar-gambar komponen atau alat-alat dalam sistem.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah Dan Fungsi HTML

Demikian penjelasan tentang Pengertian dan Fungsi Flowchart semoga bermanfaat bagi anda sekalian.
Disqus Comments