Tuesday 13 September 2016

Apa Itu BlueScreen Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu BlueScreen Dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Apa itu Blue Screen ?

Apakah komputer anda mengalami Bluescreen atau biasa disebut BSOD (Bluescreen Of Death) ??
Mungkin kita bertanya-tanya apa sih Blue Screen itu ? . Blue Screen merupakan suatu kondisi dimana suatu komponen atau system mengalami crash. Seperti kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Pada dasarnya Blue Screen  merupakan pesan yang berkaitan dengan Hardware akan tetapi bukan berarti ada hardware yang selalu rusak. Ketika BlueScreen terjadi Windows akan Secara otomatis membuat file MiniDump, Menampilkan informasi tentang Crash dan Penyebab BlueScreen komputermu . Dengan menggunakan Mini Dump kamu dapat mengatasi BlueScreen Komputermu.

Bagaimana Cara Mengatasi BlueScreen ?

Jika anda menggunakan Windows 7 , Error yang terjadi Saat terjadi Blue Screen akan di tampilkan oleh Action Center. Kamu dapat membuka dengan klik Check For Solution pada menu maintenance. itu dapat mengechek penyebab terjadinya Blue Sreen.


Jika cara yang tadi tidak bisa anda bisa mencoba cara yang ini :

Mengatasi BlueScreen Pada Software

1.Restore Komputermu

Gunakan Tools Restore Komputermu untuk meRestore data-data mu agar kamu bisa mengatasi  BlueScreen. Kalau menggunakan system Restore pada Windows tidak berhasil berarti coba cara yang lain yang ada di bawah.

2. Scanning Virus

Mungkin komputer atau laptopmu terkena virus malware , mungkin virus sudah menyebar ke kernel yang menyebabkan  windowsmu tidak stabil dan mengalami BlueScreen. Coba Scan komputermu dengan Antivirus seperti Smadav dan Avast.

Baca juga : Tips memilih Jurusan Kuliah Yang Benar dan Tepat

3. Update Driver

Sebelum anda membeli sebuah komputer, anda akan di beri sebuah DVD Driver. Coba update drivermu dengan yang baru dengan Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer tempat kamu membeli komputer. jika kamu tidak diberi sebuah DVD Driver mungkin Anda bisa mencoba tools Driver Pack untuk mengupdate Drivermu.

4.Instal ulang

Jika semua cara diatas tidak bisa mengatasi BlueScreen anda harus menginstal ulang windowsmu. Dengan menggunaka cara ini anda bisa mengatasi BlueScreen Jika cara ini tidak Berhasil kemungkinan besar hardware kamu Rusak .


Mengatasi BlueScreen Pada Hardware

1.Ram

Tanda-tanda jika kerusakan yang terjadi para RAM mu yaitu ketika anda membuka sebuah Aplikasi akan terjadi BlueScreen dan akan nampak Blank hitam saat anda mau install ulang . kode BlueScreen ini adalah “PEN_LIST_CORRUPT”

2. Motherboard

Mungkin Motherboard anda Rusak , jika ini terjadi pada komputer PC tidak masalah karena kita cukup mengganti Motherboardnya saja , kalau ini terjadi pada laptop ini mungkin menjadi masalah yang sangat serius. Soalnya motherboard pada laptop belinya sangat mahal .


Baca Juga : Cara Memilih Sekolah SMA Atau SMP Dengan Benar
Itulah tips yang saya berikan untuk mengatasi BlueScreen pada Hardware Maupun Software.
Disqus Comments