Tuesday 27 September 2016

Perbedaan LCD Dan LED Yang Perlu Anda Tau

Perbedaan LCD Dan LED Yang perlu Anda Tau
Image by
Apakah kamu ingin membeli Tv tapi bingung perbedaan TV LCD dan TV LED? Berikut saya akan memberikan jawaban atas pertanyaan kamu :D
Perbedaan mengenai LCD dan LED membuat orang awam kebingungan. Teknologi kedua Tv itu terus bersaing dalam pasaran Nasional mapun Internasional. berikut saya akan menjelaskan perbedaan LCD dan LED :

Perbedaan LCD dan LED

LCD

LCD berasal dari kata Liquid Crystal Disoay. TV ini merupajan televisi yang menggunakan layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Dispay. Jenis TV ini memiliki dua lapisan kaca yang terpolarisasi dan saling menempel. Cairan kristal yang terletak disalah satu lapisan.mungkin anda bertanya-tanya apa sih fungsi cairan kristal ini ?, Cairan kristal ini berfungsi untuk melewatkan dan memblokir cahaya, agar kualitas yang dihasilkan gambar pada layar saat arus listrik melawatinya. Namun cairan Kristal tersebut tidak menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya berasal dari serangkaian lampu yang berada dibelakang. Dengan bantuan lampu tadi, gambar yang dibuat oleh kristal menjadi terlihat. TV LCD ini dapat dibuat dengan desain yang sangat tipis dan pengguna dapat menempatkannya dimasaja bahkan ditembok sekalipun. Hal ini juga membuat TV LCD menarik bagi pembeli.


Baca Juga : Pengertian Bootstrap dan Kelebihannya

LED

LED berasal dari Light Emiting Dioda. TV LED juga sebenarnya sangat mirip dengan LCD. LEd juga menggunakan teknologi Liquid Crystal Display dalam hal layar dengan desain tipis. Perbedaan LCD dan LED yang sangat mencolok adalah sumber cahaya, yang terletak dibelakang layar. Jika TV LCD menggunakan lampu Neon, maka LED menggunakan Light Emitting Dioda

terdapat 2 jenis Pencahayaan pada TV ini yaitu :

1. Pencahayaan Edge

Pencahayaan Edge adalah rangkaian dioda yang diatur sepanjang tepi bagian luar layar. Ketika ada arus listrik mengalir, maka cahaya didistribusikan di layar. Mungkin anda belum apa itu Dioda? Dioda adalah salah satu komponen elektronika yang termasuk sebagai komponen aktif, diaoda memberikan sember cahaya lebih banyak dan mengatur control kecerahan dan keredupan, karena dioda dapat dihidupkan serta dimatikan secara independen.

2. Pencahayaan Full-Array

Pencahayaan Full-Array adalah pencahayaan yang di tempatkan di belakang layar semua permukaan layar. Dalam desain ini konsumsi energi lebih rendah tetapi kualitas gambar dianggap belum optimal.

3. Pencahayaan RGB Dynamic

Pencahayaan RGB Dynamic adalah Pencahayaan LED yang ditempatkan di belakang panel LCD dan memisahkan LED untuk warna merah, hijau dan biru untuk mencitakan warna cerah.



Baca Juga : Perbedaan Kamera DSLR dan Kamera SLR Yang Wajib Anda Tahu



LED adalah LCD dengan sistem yang lebih maju. LED memiliki keunggulan dalam hal saturasi warna serta menggunakan lebih daya sedikit dari lampu neon yang digunakan pada layar LCD. namun Harga LED lebih mahal dari LCD TV.


Demikian pembahasan tentang perbedaan LCD dan LED, semoga artikel tadi bermanfaat untuk anda dan Terima kasih :)
Disqus Comments